Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


30 Juli 2011

Enam Syarat Kesuksesan Studi

  • Rosada Amalia : Mahasiswi Jurusan Syari’ah STAIN Kudus
SETIAP orang yang sedang menjalani proses studi, tentu mengharapkan kelak belajarnya akan sukses. Jika kesuksesan studi dianggap sebagai output dari proses belajar itu sendiri, tentu ada input yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan output yang diharapkan. Maka diperlukan adanya kelengkapan syarat agar studi bisa sukses. Mau tidak mau, kesuksesan studi berawal dari proses studi itu sendiri.

Ada suatu pendapat bisa dianut yang dikemukakan oleh Syaikh Burhan Al-Din Al-Zarnuji (penghujung abad 12 M ñ awal abad 13 M) dalam kitabnya Taílim Al-Mutaíallim. Pendapat ini begitu populer di kalangan pesantren, bahkan diejawantah dalam sistem pendidikan di pesantren. Namun pendapat ini kurang populer di kalangan pendidikan formal, seperti perguruan tinggi. Bagi penulis, sebenarnya syarat-syarat yang dikemukakan juga masih relevan jika digunakan di kalangan pendidikan formal, seperti perguruan tinggi.


Mengingat kesuksesan studi memang bisa didasari dengan syarat-syarat itu.

Beliau mengemukakan dalam syairnya, bahwa studi bisa sukses dengan adanya enam syarat. Pertama, kecerdasan (dzakain), dalam hal ini cukup IQ-nya atau memiliki kemampuan.

Kedua, rajin (hirshin), memiliki semangat. Ketiga, sabar (ishtibar), ulet dalam berusaha. Keempat, adanya dana (bulghotin), atau uang saku sebagai biaya selama studi. Kelima, mengikuti petunjuk guru (wairsyadu ustadzin), atau adanya pembimbing dalam studi, jika mahasiswa, maka dalam hal ini adalah dosen. Dan terakhir yang keenam adalah adanya waktu yang lama (thulu zamanin), seorang yang menempuh studi harus memiliki waktu untuk mempelajari ilmu, katakanlah untuk S1 dipersyaratkan hingga empat tahun, dan seterusnya. Maka diperlukan waktu yang panjang agar seseorang bisa sukses dalam studi bukan dengan cara yang instan bahkan karbitan.

Dimana pun proses studi, tentu syarat-syarat itu diakui ataupun tidak, bisa menjadi syarat dasar untuk meraih kesuksesan. (24)

Sumber: Suaramerdeka, 30 Juli 2011

0 komentar:

Posting Komentar