Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


18 Desember 2010

Kantor Perpusda Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba 2010

Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen pada tanggal 16 November 2010 menyelenggarakan kegiatan penyerahan hadiah Lomba Mendongeng Cerita Rakyat, Lomba Menulis Cerita Film, dan Lomba Perpustakaan Sekolah  dan Penyerahan Buku Bantuan Tahun 2010.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen yang diwakili oleh Sumardi, S.Pd. M.Si, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah, para pemenang lomba,dan bapak/ibu guru pendamping. 


Dalam laporan penyelenggaraannya, Kasi Binalitbang, Romi Febriyanto Saputro, S.IP, melaporkan bahwa Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 14 September 2010, Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2010, dan Hari Pahlawan Tanggal 10 November 2010 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen  bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen menggelar aneka kegiatan yaitu : Lomba Perpustakaan Sekolah, Lomba Mendongeng Cerita Rakyat dan Lomba Menulis Cerita Film Untuk Siswa-Siswi SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA  Tingkat Kabupaten Sragen Tahun 2010 .


Lomba Perpustakaan Sekolah Tahun 2010  telah dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober  s/d 4 November 2010 diikuti oleh 28 Perpustakaan SD/MI dan 12 Perpustakaan SMP/MTS. Dari Lomba ini telah terpilih 6 (Enam) Perpustakaan Terbaik se-Kabupaten Sragen (Daftar selengkapnya klik di sini )dan 21 (dua puluh satu) perpustakaan sekolah yang nanti akan menerima bantuan buku sejumlah 50 judul buku 50 eksemplar. Adapun perpustakaan sekolah penerima bantuan adalah :



1.     PERPUSTAKAAN SD N DAWUNG I JENAR
2.     PERPUSTAKAAN SD N GUWOREJO 1 KARANGMALANG
3.     PERPUSTAKAAN SD N POLENG 2 GESI
4.     PERPUSTAKAAN SD N TEGALDOWO 1 GEMOLONG
5.     PERPUSTAKAAN SD N SAMBUNGMACAN 1
6.     PERPUSTAKAAN SD N SUNGGINGAN 1 MIRI
7.     PERPUSTAKAAN SD N BENDO 1 SUKODONO
8.     PERPUSTAKAAN SD N BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN
9.     PERPUSTAKAAN SD N SIDOHARJO 2
10.   PERPUSTAKAAN SD N GABUS 1 NGRAMPAL
11.   PERPUSTAKAAN SD N JENGGRIK 2 KEDAWUNG
12.   PERPUSTAKAAN SD N JAMBANGAN 1 MONDOKAN
13.   PERPUSTAKAAN SD N JEKAWAL 2 TANGEN
14.   PERPUSTAKAAN SD N JETISKARANGPUNG 1 KALIJAMBE
15.   PERPUSTAKAAN SD N JIRAPAN 3 MASARAN
16.   PERPUSTAKAAN SD N GONDANG 4
17.   PERPUSTAKAAN SD N PLUPUH 2
18.   PERPUSTAKAAN  SD N JETIS 1 SAMBIREJO
19.   PERPUSTAKAAN SMP N 2 KALIJAMBE
20.   PERPUSTAKAAN SMP N 1 SUMBERLAWANG
21.   PERPUSTAKAAN SMP N 4 SRAGEN

 
Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Tahun 2010 telah dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 13 November 2010. Lomba ini diikuti oleh 97 siswa/siswi SD/MI, 61 siswa/siswi SMP/MTS, dan 38 siswa-siswi SMA/SMK/MA. Hasil dari kegiatan ini telah terpilih 18 (Delapan belas) pendongeng terbaik  (Daftar selengkapnya klik di sini)
 
Lomba Menulis Cerita Film Tahun 2010 telah dilaksanakan pada tanggal 15 dan 18 November Tahun 2010  diikuti oleh 95 siswa/siswi SD/MI, 69 siswa/siswi SMP/MTS, dan 47 siswa/siswi SMA/SMK/MA. Film yang diputar adalah ”Timun Mas” untuk peserta SD/MI dan ”Alangkah Lucunya Negeri Ini” untuk peserta lomba dari SMP dan SMA. Dari kegiatan ini telah terpilih 18 (Delapan belas) penulis cerita film terbaik (Daftar selengkapnya klik di sini)


Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Sumanto, SH. MM menegaskan bahwa perpustakaan sekolah merupakan jantungnya sekolah. Beliau meminta dukungan kepala sekolah untuk selalu memberdayakan perpustakaan sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah harus di dukung dengan anggaran nyata dari APBS minimal   5 % . Ini penting untuk dilakukan agar perpustakaan senantiasa tumbuh dan berkembang, sehingga akan selalu menarik perhatian komunitas sekolah.





Buku bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen kepada 21 kepala sekolah penerima bantuan.  
Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Sumanto, SH. MM menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Tingkat SMA Tahun 2010
Kasi Binalitbang Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Romi Febriyanto Saputro, S.IP  foto bersama dengan para pemenang Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Tingkat SMP Tahun 2010
Kasi Layanan dan Informasi, Drs. Sujiyanto menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Tingkat SD Tahun 2010.
Bapak Sumardi, S.Pd, M.Si, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Menulis Cerita Film Tingkat SMA Tahun 2010.
Kasi Pengadaan dan Pengolahan, Dra. Hening Estining Tyas menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Menulis Cerita Film Tingkat SMP Tahun 2010.
Para pemenang Lomba Menulis Cerita Film Tingkat SD Tahun 2010 seusai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kasi Binalitbang, Romi Febriyanto Saputro, S.IP.
Para pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SD Tahun 2010 foto bersama dengan Bapak Sumardi, S.Pd, M.Si, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen
 Kasubbag TU Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Dra. Wahyu Widayati, M.Si menyerahkan penghargaan kepada para Pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP Tahun 2010

0 komentar:

Posting Komentar