Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


15 November 2008

SRAGEN BOOK FAIR 2008 : 28 s/d 2 NOVEMBER 2008

A. Pendahuluan
Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Di negara maju, seperti Jepang, Kanada, Inggris, Amerika Serikat dan Jerman, warga masyarakatnya rata-rata membaca buku 5 – 7 judul buku setiap bulan. Karena itu masyarakat di negara maju berada dalam kondisi well informed sesuai dengan profesi dan kapasitasnya masing-masing.
Kondisi itu akhirnya mempermudah pemerintah mereka melakukan berbagai inovasi sosial. Hal ini bisa terjadi karena masyarakat terus menerus selalu meningkatkan kualitas hidupnya. Pendek kata, buku merupakan sumber belajar paling vital dalam menumbuhkan budaya masyarakat untuk selalu tetap belajar sepanjang hayat (life long education).
Hampir 60 % dari ilmu pengetahuan manusia diperoleh melalui jasa baik mata. Hal ini berarti buku memiliki peran penting bagi siapa pun yang ingin belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah. Karena itu, buku dapat digunakan sebagai bahan acuan yang penting bagi proses terbentuknya ilmu pengetahuan setiap orang. Bahkan buku dapat difungsikan sebagai guru dan pendidik yang setia dan tidak pernah marah bagi siapa saja yang dapat berkomunikasi secara visual dan fungsional dengannya.
Berbagai informasi dan ilmu pengetahuan dapat terdokumentasi dalam bentuk buku secara relatif permanen. Dengan demikian manusia dapat belajar darinya kapan saja dan di mana saja secara berulang-ulang sesuai dengan tingkat kecepatan dan daya serapnya.
Di tanah air perkembangan dunia perbukuan cukup menggembirakan. Tidak kurang dari 600 perusahaan penerbitan dimiliki Indonesia saat ini. Jumlah terbitannyapun bertambah banyak. Berdasarkan data jumlah buku yang diterima jaringan toko buku Gramedia dan Gunung Agung, setidaknya Indonesia menerbitkan 12.000 buku pertahun, tidak termasuk buku yang cetak ulang.
Dengan rata-rata oplag per judulnya 3.000 eksemplar, maka penerbit Indonesia mampu menghasilkan 36.000.000 eksemplar buku pertahunnya, namun hal itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan toko buku. Akibatnya tidak semua buku bisa ditemui di toko buku. Perlu saluran distribusi baru untuk menampung ledakan produksi yang begitu besar.
B. Sragen Book Fair
Salah satu alternatif bagi penikmat buku untuk memperoleh buku yang tidak tersedia di toko toko buku adalah pameran buku sekaligus memperoleh diskon dan menikmati acara-acara yang menarik.
Sragen Book Fair 2008 yang digelar oleh UPTD Perpustakaan Dinas P & K Kabupaten Sragen sejak tanggal 28 Oktober s/d 2 November 2008 merupakan suatu langkah untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat Sragen. Hal ini sesuai dengan slogan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sragen, yaitu Sragen Smart Regency, Sragen Kabupaten Cerdas. Pameran buku ini diikuti oleh 30 stand penerbit.
Basis pengetahuan dan kultur baca tulis yang kuat merupakan kunci utama untuk mencerdaskan masyarakat. Basis pengetahuan yang kuat memungkinkan sebuah bangsa untuk melakukan loncatan besar dalam sebuah creative innovation, hingga akhirnya mampu melakukan inovasi sendiri dan menjadi sejajar dengan negara-negara .
Minat Masyarakat Sragen dalam menyambut pameran buku ini cukup menggembirakan. Setiap hari kurang lebih seribu orang hadir dalam pameran buku ini. Kehadiran para pelajar yang cukup dominan dalam pameran buku ini cukup menggembirakan kita semua. Mereka cukup antusias menikmati buku-buku dari berbagai penerbit yang berpartisipasi dalam acara ini maupun dalam memeriahkan aneka lomba yang digelar.
Kegiatan pameran buku ini juga dimeriahkan dengan aneka lomba sebagai berikut :
1. Lomba Mewarnai Untuk Anak-Anak TK Tingkat Kabupaten Sragen yang digelar pada tanggal 29 Oktober 2008. Lomba ini diikuti kurang lebih 3.000 anak. Pemenang dalam lomba ini adalah :
1. JUARA I ANGGITA SHAFA SALSABILA, TK TRI BAKTI SRAGEN
2. JUARA II MEILINDA PUTRI MAHARANI, TK PG MOJO SRAGEN
3. JUARA III IRA PRADANA PERMATASARI, TK NEGERI PEMBINA
SRAGEN
JUARA HARAPAN
I. AMANDA IKA MARGARETA, TK PERTIWI I SINE
II. AURORA DEWI ARIFINA, TK BHAYANGKARI
III. RESTY PRAMUDHITA, TK AISYAH II, NGLEDOK
IV. PUTRI, TK PEMBINA NEGERI SRAGEN
V. SALSABILA EKA PUTRI MAHARANI, TK SBI KROYO
VI. SALMA AZ – ZAHRA, TK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL
VII. EVA NUR CAHYANI, NGASINAN, NGARGOTIRTO, RT 23/09 SUMBER LAWANG
2. Lomba Menggambar Untuk Anak-Anak SDTingkat Kabupaten Sragen yang di gelar pada tanggal 30 Oktober 2008. Lomba ini diikuti oleh kurang lebih 500 anak.
Pada lomba ini Dewan Juri menetapkan pemenang sebagai berikut :
JUARA I. APRILIANTO FAJAR AJI SAPUTRA, KLS 5 SDN 6
JUARA II CAHYO WIDIANTORO, SD PUMBUNGAN V
JUARA III VIOCA SHANIA NADINTARIPTA. SD N PLUMBUNGAN V
JUARA HARAPAN :
I. FAHMI REZZA ALFARIZQI, SDN 19 SRAGEN KLS V
II. RIZQA MAHDYNA, SDN PLUMBUNGAN 5
III. HASTA ROFIFAGH, SDN SRAGEN 3

3. Talk Show IT oleh SPEEDY pada tanggal 30 Oktober 2008 yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang.
4. Donor Darah pada tanggal 30 Oktober 2008 yang diikuti oleh 15 orang peserta.
5. Lomba Keserasian Pakaian Tradisional Adat Jawa. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2008 dan diikuti oleh 20 peserta. Pemenang dari lomba ini adalah sebagai berikut :
KATEGORI ANAK –ANAK
I. EMINITA GINTING / BRYAN HEKSANTO
II. TESALONIKA / DIMAS
III. RISKI APRIL / ARI EKA SAPUTRI
HARAPAN I WIDHI / AISYAH SAPUTRI
KATEGORI DEWASA
I ARY / HABIB
II NICO / IGA
III DINDA ERLITA / DAVID
HARAPAN
I. AGUNG / PUTRI
II. MELATI / BENNY ARIYANTO
III. ARZETTI / NINDA
6. Lomba Fashion Show TK Tingkat Kabupaten Sragen. Lomba yang digelar pada tanggal 1 November 2008 ini ikuti oleh 71 peserta. Keluar sebagai pemenang adalah :
Juara I Lativatun Asyifa, TK Aisyiah 3 Krapyak
Juara II Yumna Israf Awalia, TK PG Mojo
Juara III Jamine Dharma Saputra, TK SBI Karangmalang
Harapan 1, Clara Cindra Kartika, TK Pembina Sragen
Harapan 2, Helena Lucy Charin, TK SBI Gemolong
Harapan 3, Lina Wijayanti, TK PG Mojo Sragen
Pada pameran buku ini, setiap hari pengunjung juga dihibur oleh Orkes Campur Sari Orgent Tunggal “ASTAGINA” dari UPTD Perpustakaan Dinas P & K Kabupaten Sragen. Pameran buku ini ditutup pada tanggal 2 November 2008 yang dilanjutkan dengan serah terima hadiah pemenang lomba dan penyerahan buku bantuan dari Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah kepada 9 perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Sragen masing-masing sebanyak 704 eksemplar. Pada kesempatan ini UPT Perpustakaan Dinas P & K Kab. Sragen juga menerima buku bantuan sebanyak 1400 eksemplar dari Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.
C. Penutup
Harapan kita, untuk tahun 2009 nanti dapat digelar pameran buku yang lebih baik daripada sekarang. Dengan menghadirkan penerbit yang lebih banyak lagi. Sebagai salah satu upaya untuk mempercepat tercapainya masyarakat Sragen yang gemar membaca dan belajar. Dengan kata lain, masyarakat Sragen yang cerdas dan sejahtera.
Kepada semua pihak yang terlibat dalam pameran buku ini kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran selalu kami butuhkan guna penyempurnaan penyelenggaraan pameran buku di masa mendatang. Atas segala kekurangan dan kelemahan kami mohon dibukakan pintu maaf.

0 komentar:

Posting Komentar