Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


25 November 2008

KARIMUN SEGERA MILIKI GEDUNG PERPUSTAKAAN BARU

Tanjung Balai-Bupati Karimun H. Nasrun Basirun, S.Sos, M.Si. mengatakan bahwa tahun depan akan dibangun gedung Perpustakaan Umum. Hal tersebut disampaikan pada pidato pembukaan acara Sosialisasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan di aula Masjid Agung Karimun (19/11). Lebih lanjut bupati yang masih muda dan enegik itu menguraikan tentang pentingnya kualitas perpustakaan dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa seperti yang diamanatkan dalam penbukaan UUD 45. Dalam pidato tanpa teks itu sempat mengingatkan kepada pembicara bahwa masyarakat karimun tidak mudah untuk merespon pembicara dan jarang yang mau bertanya pada sesi tanya jawab.
Karimun adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang dibentuk berdasar Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999. Kabupaten yang berbatasan dengan Singapore itu terdiri dari 245 pulau dengan 3 pulau besar, yaitu pulau Karimun, Kundur, dan Sugi. Hanya 73 pulau yang berpenghuni dan sisanya merupakan gugusan pulau tak berpenghuni.
Panitia sosialisasi, Supriadi mengatakan bahwa acara ini dihadiri 167 peserta, terdiri atas tokoh masyarakat, camat dan lurahnya, kepala sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, pengelola perpustakaan instansi, pengurus masjid, dan sebagainya. Kegiatan serupa akan dilaksanakan pada anggaran tahun 2009 yang akan datang. Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Indra mengatakan bahwa peserta yang hadir sekitar 90% dari yang diundang. Melengkapi apa yang disampaikan oleh bupatinya, Indra yang mantan camat itu mengatakan bahwa pembangunan kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karimun direncanakan di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Indra juga mengatakan bahwa menjadi kepala Kantor Perpustakaan ternyata merupakan tantangan tersendiri dalam kariernya sang sangat berbeda dengan saat menjabat sebagai camat. Perpustakaan Karimun yang tahun ini menjadi perpustakaan terbaik tingkat Provinsi yang Kepulauan Riau (Kepri) tahun ini telah banyak dikunjungi mayarakat.
Sosialisasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menghadirkan nara sumber Imam Nurhadi, Kepala Bagian Hukum dan Humas Perpustakaan Nasional RI ternyata mendapat respon dari seluruh peserta. Hal tersebut kemungkinan pengaruh dari ucapan bupatinya yang sering kurang merespon pembicara atau sebab lain tetapi kegiatan yang seharusnya ditutup jam 11.00 sempat molor sampai 11.30 bahkan pada saat makan siang masih banyak yang ingin bertanya lebih lanjut. Kepada RRI lokal, Imam mengatakan bahwa sosialisasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan tidak sekedar menjelaskan aspek hukumnya saja tetapi juga aspek perpustakaannya karena masyarakat masih banyak yang belum mengenal apa itu perpustakaan.
Apresiasi perlu diberikan kepada Bupati Karimun yang sangat mendukung pembangunan dan pengembangan perpustakaan di wilayahnya. Saat sosialisasi hadir lebih dulu sebelum peserta lengkap, padahal menurut informasi baru datang dari tugas dinas di Jakarta malam harinya. Banyaknya peserta yang hadir dan aktif pada sosialisasi dapat dijadikan bukti bahwa masyarakat Karimun ingin memajukan perpustakaan. Kepala Perpustakaan yakin akan masa depan perpustakaan cukup menjanjikan dan akan berusaha sekuat tenaga untuk itu. Indra berharap bantuan dari Perpustakaan Nasional berupa Perpustakaan Keliling segera dapt terealisir untuk menunjang layanan yang sudah ada. (IN/hadee)

0 komentar:

Posting Komentar