Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


20 November 2008

Detail Berita Perpustakaan Nasional menyerahkan Perangkat Lunak dan Keras Program Aplikasi E- Library kepada Perpustakaan Daerah Propinsi

JOGYAKARTA - Bertempat di Ruang Sambisari, Inna Garuda Hotel pada hari Kamis 13/11/2008 Dady P. Rachmananta secara simbolis menyerahkan secara resmi pelaksanaan Penyediaan dan Instalasi Perangkat Lunak dan Keras bagi Perpustakaan di daerah propinsi sebagai Mitra dalam rangka Pengembangan Program e-Library tahun anggaran 2008. Hadir dalam acara tersebut pejabat dilingkungan Perpustakaan Nasional RI dan Kepala Badan/Kantor Perpustakaan Daerah Propinsi.seluruh Indonesia
Dalam sambutnya Dady P. Rachmananta mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang ke dua kalinya. Yang pertama paket bantuan yang diserahkan kepada Perpustakaa Propinsi adalah software Micro VTLS, sementara di Perpustakaan Nasional menggunakan VTLS, karena mahalnya Licensi dan rumitnya maintenance juga jika terjadi kerusakan (bug) software selalu terlambat dalam memperbaiki, menjadikan program ini tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan bahkan program ini mandek ditengah jalan. Namun berbeda dengan program yang sekarang, program ini merupakan bentuk paket berupa perangkat lunak dan keras yang merupakan karya anak bangsa, yang didesain sesuai dengan kebutuhan perpustakaan di Indonesia saat ini maka jika terjadi masalah akan jauh lebih mudah untuk tangani karena ahli ahlinya ada di Indonesia.

Perangkat Lunak yang diserahakan kepada perpustakaan propinsi terdiri dari
a. Modul pengkatalogan
b. Modul sirkulasi
c. Modul Ekstrak data
d. Modul Opac
e. Operating system untuk server: windows server 2003
f. Operating system untuk PC: Windows XP. Yang semuanya merupakan software berlisensi.

Sementara perangfkat keras yang diserahkan kepada perpustakaan daerah propinsi sebagai mitra adalah; Satu unit Server, lima unit Personal Komputer, Barcode Reader, Barcode printer, UPS, Swiching Hub, dan Kabel Belden untuk jaringan. Daiharapkan perpustakaan penerima bantuan segera melakukan pembenahan berupa tempat untuk menyimpan server dan alat pendinginya, bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional untuk membuat Pangkalan Data Katalog Induk Nasional melalui kontribusi data dan sinkronisasi pangkalan data, Perpustakaan penerima diharapkan membangun sambungan internet untuk memudahkan komunikasi data, juga segera membangun dan mengembangkan koleksi digital, membentuk tim kerja yang khusus menangani pangkalan data, dan seracara terus menerus mengupdate isi database agar dapat diakses oleh pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar