Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


26 November 2008

MenyebarkanVirus Kesuksesan

KESULITANdalam hidup merupakan modal dasar untuk mengubah keadaan.Banyak cerita dari pribadi-pribadi sukses,dulunya pernah mengalami masa lalu yang buruk.

Sebagian rahasia suksesnya karena mereka tidak berdiam diri dan menyesali peristiwa- peristiwa buruk yang pernah dialami. Pribadi sukses dapat menemukan banyak cara untuk mengisi kegagalan, di mana pengalaman buruk dan masa lalu yang kelam justru dijadikan sebagai modal dalam membentuk kepribadian berani dan siap untuk sukses.

Mengubah kegagalan dan keterbatasan untuk menjadi sukses juga dirasakan Thomas Sugiarto, entrepreneur muda yang merangkak dari bawah, sehingga sekarang dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Thomas kecil dilahirkan di Kepulauan Riau dari keluarga yang sederhana.

Kedua orangtua Thomas hanyalah lulusan kelas III SD dan ayahnya bekerja dengan membuka kedai kopi. Sejak awal, Thomas kecil ingin mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Hal tersebut berjalan berjenjang mulai pendidikandisebuahSDnegeri yang berfasilitas minim hingga kemampuannya menembus Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, UGM.

Kini, visi Thomas dan istrinya pada 2012 adalah saat Thomas pada saat usia ke-45 ingin mencapai financial and time freedom, salah satunya ber-penghasilan Rp1 miliar tiap bulan. Perjalanan Thomas hingga sekarang ini lahir bukan karena proses kebetulan. Bukan sebagaimana konsep hoki yang dipahami kebanyakan orang, di mana keberuntungan yang bersifat terberikan (given) dan datangnya tiba-tiba.

Hoki bagi Thomas adalah keberpaduan antara kesiapan diri dan kesempatan yang ada. Lantas, bagaimana cara Thomas menjadi sukses seperti ini? Thomas membaginya menjadi tiga tahap,yakni believing, learning, dan action. Believing bukan sebatas konsep percaya saja, melainkan satu keyakinan yang disuntikkan secara terus-menerus.Kita yakin bahwa kita mampu,dan sugesti itulah yang kemudian secara konsisten kita tanamkan dalam pikiran dan kegiatan sehari- hari.

Dalam buku Secret of Life yang kini banyak dipakai sebagai referensi pengembangan motivasi,keberhasilan justru lahir ketika kita yakin dan optimistis dalam menghadapi sesuatu.Karena itu, kita diarahkan untuk menjadi optimistis dan bijak dalam menghadapi semua permasalahan termasuk kegagalan.Thomas membuktikannya ketika saat kecil terpaksa berenang untuk bisa menyelamatkan diri,satu hal yang pada awalnya tidak Thomas yakini.

Konsep kedua adalah learning, Konsep learningdilaksanakan dengan terus belajar dari pengalaman hidup. Baik dari pengalaman pribadi maupun dari kisah kesuksesan orang lain. Learning juga sekaligus merupakan perwujudan dari potensi alam bawah sadar kita.Penelitian ilmiah menyatakan bahwa kemampuan manusia hanya 3–5% yang dikendalikan kekuatan sadar,sedangkan sisanya justru dikendalikan alam bawah sadarnya.

Konsep pengendalian alam bawah sadar seperti fenomena gunung es, di mana yang tampak di permukaan justru bagian kecil dari bagian seluruhnya. Terakhir action, yakni keberanian untuk mencoba dan yakin bahwa tindakan yang akan dilakukan akan berakhir pada kesuksesan.

Pribadi sukses menemukan bahwa tidaklah mudah untuk merealisasikan ide dan impian, kadang kala seperti sulit diwujudkan. Namun,tetap berusaha walaupun perlahan. Sehebat apa pun ide-ide tersebut jika tidak dilaksanakan hanya akan tetap menjadi sebuah impian. Action diimplementasikan, salah satunya dengan melayani melalui hati, positive thinking, berani gagal dan bangkit dari kegagalan, hingga passion dalam mencapai sukses.

Buku setebal 220 halaman ini sangat bermanfaat dalam menciptakan pribadi yang ingin sukses. Sebagaimana buku motivasi dan tips menjadi entrepreneur yang sukses yang lain, bisa dikatakan buku ini berhasil ketika setelah membaca buku ini darah menggelegak dan terinspirasi untuk mencontoh kesuksesan pengarang.Saya termasuk yang tertantang dan bersemangat dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita menjadi sukses.

Namun, tentu saja saya perlu meyakinkan diri bahwa kesuksesan bukan terbatas pada kekayaan, jabatan, dan kehidupan yang bisa diukur. Kesuksesan sejati adalah saat kita bisa memberi makna, memiliki manfaat, dan menciptakan hidup yang berkeadilan untuk sesama. Kesuksesan juga ketika kita mampu menyebarkan virus kepada orang lain untuk bersama- sama mencapai kesuksesan yang hakiki.Karena itu untuk menjadi sukses, harus dimulai dari sekarang.(*)

Herdis Herdiansyah
Manajer Riset Pusat Kajian Strategik dan Pertahanan (CSDS),Pascasarjana Universitas Indonesia.
Sumber, Sindo, 22 November 2008

0 komentar:

Posting Komentar