Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


16 November 2011

Sajak-Sajak Rico Mangiring Purba

IBU
Ditanaknya mimpi-mimpi yang dijumpainya subuh tadi. Sambil berdoa diberikannya padaku sepotong mimpi yang paling besar kata ibu, aku anak tertua, jadi harus terima porsi itu. Maka sebelum aku dewasa kuterima amarah dua kali lebih banyak kuterima cambuk lebih panas dari memar kena pijar kata ibu aku harus larung jadi debu setinggi bintang AYAH Bukanlah prajurit yang raganya mesti mati di medan laga karena untuk jadi pusara itu mudah saja.

Tapi bapak telah jadi yang luhur karena kesetiaannya pada hening yang kadang tak dimengerti ibu. Bapak telah lama menikmati perselingkuhannya dengan yang senyap jauh sebelum raganya menikah dengan ibu. Lalu suatu masa dari doa bapa lahir bunga-bungaan, yang mekar karena bapak telah lama jadi Oak, menantang puyuh demi kami. AGAMAKU; DUKA Dengan nyalang kau bilang mereka binatang! Pada rahim-rahim yang tak punya hak pilih kau lahir jadi benih yang mendidih, "harusnya kupadamkan kau pakai kemih," sentak Ibu pada perutnya. (Bumi Dipasena, 29/9/2011)


PEDEKATE echie
Lewat debar yang poliponik Aku bergetar coba mendekat "Lagi apa," kataku menjelma kalimat. (Bumi Dipasena, 160911)


TENTANG PACAR
Ibu tak tahu kalau aku sudah berutang pelangi kepada seseorang Padahal sudah tiga bulan hujan tak mau singgah. (Bumi Dipasena, 290911)

SEMBUNYI-SEMBUNYI Mimpi-mimpi itu aku mulai tak bisa membedakannya. Entah dengan apa harus kupisah-pisahkan. Gambarmu, sketsa jari jemari kita yang bersidekap, siluet punggungmu, arsir halus rambutmu. Masihkah itu nyata, Adinda? Lalu dengan pena yang mana kutebalkan bagian-bagian halus yang mestinya tegas itu. (Bumi Dipasena, 091111)


PACARAN JARAK JAUH
Di Jakartamu, Di stasiun Cikini, Di Pertigaan Kramat Sentiong, Di rumah induk semang yang tak pernah ku ingat berapa nomornya, Enam puluh hari sekali.
Aku bergegas dari Bumi Dipasena. (Bumi Dipasena, 091111)
Data Pribadi: Nama: Rico Mangiring Purba Sila follow: Twitter: @ricomangiringp Facebook: Rico Mangiring Purba Alamat: Jl. Z.A Pagar Alam, Rajabasa, Bandar Lampung

Sumber: Kompas, 15 November 2011

0 komentar:

Posting Komentar