Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


11 Juni 2011

Tak Relevan Lagi

  • Abdul Mujib - Mahasiswa Konseling Islam STAIN Purwokerto
KEGIATAN pelonco yang diadakan setiap kali penerimaaan calon mahasiswa baru, sudah tidak relevan lagi. Pasalnya, kegiatan tersebut hanya dijadikan ajang balas dendam oleh mahasiswa angkatan sebelumnya yang menjadi panitia. Selain itu, panitia juga sering memperlakukan calon mahasiswa seenaknya sendiri. Sejarah telah mencatat beberapa kasus pelonco yang telah melukai, mencederai, bahkan memakan korban.

Jika yang dijadikan alasan utama diadakannya pelonco adalah untuk membina mental calon mahasiswa baru, berarti cara yang telah mereka lakukan belum tepat. Pembinaan mental bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan, tapi berkala dan dengan cara-cara yang konstruktif. Untuk itu, diperlukan waktu yang tidak singkat.


Masa orientasi mahasiswa seharusnya diisi dengan hal-hal yang mengesankan dan edukatif. Kegiatan yang diagendakan juga tidak semata-mata merupakan rutinitas atau warisan mahasiswa seniornya.

Artinya, kegiatan ini perlu sedikit dimodifikasi dengan memasukkan unsur kreativitas yang mendidik.
Sekarang ini, yang sedang marak diperbincangkan oleh banyak orang adalah pendidikan karakter (character building).

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh krisis moralitas dan mentalitas generasi bangsa. Hemat penulis, akan mejadi relevan jika kegiatan masa orientasi mahasiswa disisipi hal tersebut tanpa menghilangkan tradisi pelonco yang bermuatan positif. (24)


Sumber: Suara Merdeka, 11 Juni 2011

0 komentar:

Posting Komentar