Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


19 Agustus 2014

TERIMA KASIH PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN


 Oleh : ROKHMAD ASTIKA TRIPRASETIA*
Saya adalah seorang Guru di SMK Negeri 2 Sragen, saya mengajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Kisah suksesku bersama Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen berawal ketika ada Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif yang diselenggarakan oleh BPTIKP (Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011 lalu. Waktu itu saya ingin sekali ikut Lomba tersebut. Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif ini sangat menantang bagi saya, namun saya masih banyak kekurangan referensi dan materi tentang pembuatan media pembelajaran, pembuatan animasi, pembuatan video dan hal lainnya yang harus ada dalam suatu Media Pembelajaran Interaktif. 

Waktu itu Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen masih berada di belakang Gedung KNPI atau dekat Kantor Bupati Sragen. Masih ingat waktu itu saya mendaftar menjadi anggota Perpustakaan di layani oleh mbak Lala. Ternyata mendaftar menjadi anggota perpustakaan itu gampang dan Gratis. Langsung saja setelah menjadi anggota saya mencari bahan referensi untuk ikut Lomba Media Pembelajaran Interaktif tersebut.
Saya langsung mencari buku-buku tentang Macromedia Flash, Power Point, tips-tips presentasi, dan beberapa buku tentang pembuatan video. Dan ternyata di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen koleksi buku nya lumayan lengkap. Langsung saja saya ambil lima buah buku, tapi ternyata pinjam buku di perpustakaan tidask boleh sebanyak itu, dibatasi jumlah bukunya yang boleh dipinjam, sehingga saya harus merelakan beberapa buku untuk saya pinjam esok hari lagi.
Sampai dirumah buku-buku yang saya pinjam, langsung saya praktekkan, karena kebanyakan buku-buku itu adalah buku tutorial, sehingga saya dapat mempraktekkan dengan mudah. Dengan usaha keras dan dikejar deadline pengiriman CD Media Pembelajaran Interaktif tersebut, akhirnya dapat selesai dan terkirim lah karya saya untuk Lomba di tingkat Provinsi tersebut. Kabar gembira pun datang, setelah ada pengumuman Seleksi Tahap ke-2 yang harus mempresentasikan karya di hadapan Juri Di BPTIKP Provinsi Jawa Tengah. Dengan semangat saya pun berangkat ke Semarang, untuk mengikuti Lomba tersebut, walaupun dalam hati harap-harap cemas apakah bias mengalahkan peserta dari 35 Kabupaten se Jawa Tengah.
Di Semarang peserta Lomba mengadakan presentasi satu persatu dan sayapun mempresentasikan karya ku dengan lancar, dan tana gangguan, karena adajuga peserta yang ada sedikit trouble dengan medianya.
Dan yang lebih menggembirakan lagi ketika pengumuman pemenang, saya dinyatakan mendapat Juara ke-2, dengan hadiah Rp. 4 Juta rupiah. Woww…. Saya begitu gembira, apalagi pemenang Lomba akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di depan guru-guru yang diundang dalam kegiatan seminar di tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Dan lebih menyenangkan lagi setelah menjuarai Lomba tersebut saya sering mendapatn undangan untuk mengisi diklat dan pelatihan pembuatan media Pembelajaran Interaktif baik di MGMP maupun oleh guru-guru di sekolahan.
Ditahun berikutnya Tahun 2012 BPTIKP Provinsi Jawa Tengah Mengadakan Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Blog / Website sekolah, dalam lomba tersebut web sekolah diharapkan memiliki website sekolah yang lengkap dengan sumber belajar, dan salah satunya layanan perpustakaan sekolah. Kebetulan saya pernah mengikuti Pelatihan menggunakan Software Senayan untuk layanan perpustakaan. Wah… ini pasti cocok kalau saya integrasikan di web sekolah tempat saya mengajar. Karena dalam pelatihan di Perpustakaan Daerah waktu itu intalasinya hanya untuk localhost / computer yang tidak terhubung dengan internet, maka dengan susah payah dan mencari referensi di Perpustakaan dan Search di google. Akhirnya bisa juga meng Online kan Senayan, sehingga bisa diakses dari mana saja, ini linknnya : www.perpustakaan.smkn2sragen.sch.id
Langsung saja Tahun 2012 itu saya mengirimkan Lomba Pengayaan sumber Belajar Berbasis Web Sekolah tersebut, dan akhirnya saya pun lolos ke babak ke dua, untuk presentasi di depan juri di Semarang. Sungguh di luar dugaan saya akhirnya mendapat juara pertama dan berhak mendapat uang tunai Rp. 6 Juta, benar-benar diluar dugaan, karena peserta lomba yang lainnya saya lihat websitenya cukup lengkap, dan bagus animasi dan tampilannya, sedangkan web sekolahku hanya sederhana dan memanfaatkan template yang ada, karena kebetulan basic saya bukan IT atapi teknik Listrik, sehingga saya belajar otodidak dari buku-buku perpustakaan dan browsing. Ternyata salah satu keunggulan web sekolah buatan saya adalah adanya Senayan yang terintegrasi di web sekolah dan adanya fasilitas moodle di dalamnya.
Sungguh luar biasa manfaat Perpustakaan, selain menyediakan buku-buku juga menyediakan fasilitas Free Internet dan hot spot. Sehingga kita dapat belajar dengan mudah, dan mendapatkan ilmu dari mana saja. Saya yakin kalau kita ingin mendapatkan hasil yang luar biasa, maka kita harus berusaha dengan luarbiasa pula. Terimakasih Perpusda Kab Sragen, atas layanannya selama ini, semoga semakin sukses, maju dan berinovasi.
Pesan saya “Lakukanlah yang terbaik, Jalan menuju Puncak akan terbentang”.

*ROKHMAD ASTIKA TRIPRASETIA   (Tenaga Pendidik di SMK Negeri 2 Sragen)

0 komentar:

Posting Komentar