Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


25 Agustus 2014

Perpustakaan, Kekasihku !

 Oleh : Rudi Iswanto*
Waktu kuliah saya hampir selesai. Sudah empat tahun yang lalu saya bergulat dengan buku di kampus Islam yang hijau. Sudah saatnya saya harus menyelesaikan tugas akhir saya menjadi mahasiswa yaitu menyelesaikan skripsi. Skripsi adalah jembatan terakhir yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa yang akan memperoleh gelar sarjana. Saya pun juga mendapat tugas itu. Buku-buku saya yang saya jadikan referensi untuk membuat skripsi saya salah satunya ada di perpustakaan Kabupaten Sragen. Buku yang saya cari sebagai referensi yang tidak ada di perpustakaan kampus saya, ternyata saya temukan di perpustakaan sragen. Hati saya sangat senang sekali ketika menemukan buku-buku itu.

Semua orang yang khususnya orang Sragen pasti dapat dengan mudah menemukan perpustakaan Sragen ini  karena tempatnya strategis yaitu berada di depan jalan raya Sukowati atupun sedikit berdekatan dengan kantor DPRD kabupaten Sragen. Dahulunya perpustakaan ini berada bersebelahan dengan Kantor Bupati Sragen yang letaknya berada di belakang gedung KNPI. Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Setelah dipindahkan di depan jalan raya Sukowati semua orang dapat dengan mudah menemukan letak perpustakaan ini. Lapangan parkirnya pun luas. Setelah masuk ada beberapa piala kejuaraan yang pernah diraih oleh perpustakaan kabupaten Sragen.
 Ketika masuk para pengunjung sebelum dipersilahkan membaca buku, para pengunjung wajib untuk mengisi daftar absen terlebih dahulu di komputer yang telah disediakan. Sehabis itu para pengunjung diperbolehkan membaca buku sepuasnya dengan buku-buku yang ada di di sana. Di perpustakaan ini banyak buku-buku berbagai jurusan. Ada jurusan berbagai macam pendidikan ilmu pengetahuan, psikologi, kerajinan tangan, dan bangunan. Pokoknya satu bidang ilmu buku-bukunya sangat komplit sekali.
Hampir setiap minggu saya mengunjungi perpustakaan Kabupaten Sragen. Saya kira para pegawainya pun sampai hafal dengan wajah saya. Perpustakaan ini saya anggap sebagai rumah kedua setelah rumah saya sendiri. Karena perpustakaan ini banyak mengajarkan kepada saya ilmu-ilmu yang belum pernah saya pelajari di bangku sekolah maupun kuliah. Setelah mendapat buku yang saya inginkan langsung saja duduk di tempat lesehan yang telah disediakan. Apalagi ditambah dengan alas duduk empuk yang menambah keasyikan membaca. Ketika perut saya mulai lapar saya tidak khawatir lagi, karena di perpustakaan ini juga menyediakan kantin. Makan beberapa makanan kecil saja sudah mampu mengganjal perut saya yang tadinya keroncongan. Apalagi makannya sambil membaca, serasa hidup ini milik saya.
Saya sering pergi ke perpustakaan umum Sragen karena banyak waktu luang yang saya miliki. Daripada melakukan kegiatan yang tidak jelas lebih baik pergi ke perpustakaan karena dapat menambah beberapa ilmu yang belum saya ketahui selama ini. Ketika saya merasa bosan di rumah, saya langsung pergi kesana. Setelah sampai di sana rasa bosan saya hilang karena terobati dengan datangnya satu ilmu yang saya baca. Apalagi saat kebetulan bertemu dengan sahabat lama jadi sekalian reunian.
Biasanya buku yang paling saya minati adalah buku bahasa Indonesia, buku agama Islam, dan buku Psikologi. Karena ketiga buku tersebut sama-sama ilmu sosial dan mengurusi masalah kehidupan. Ketika membaca buku bahasa Indonesia contohnya cerita anak membuat hati saya merasa gembira karena dunia anak dipenuhi dengan canda tawa.
 Ketika saya membaca buku agama Islam hati saya tergerak ingin lebih meningkatkan lagi untuk beribadah kepada Allah SWT. Sedangkan ketika membaca buku psikologi membuat mental saya semakin kuat karena buku psikologi mengajarkan tentang bagaimana cara hidup sukses dengan senang hati, selain itu dapat mengenali diri sendiri bagaimana keadaan diri saya sebenarnya. Setelah membaca buku-buku tersebut hati saya semakin ceria dan optimis dalam menghadapi hidup ini.
Buku merupakan jendela dunia bagi saya. Tanpa membaca buku gelap sudah pengetahuan kita. Satu ilmu saja dari satu buku yang telah kita baca kemudian dipraktekkan akan mengantarkan kita kedalam kebaikan. Apalagi banyak yang dibaca dan dipraktekkan. Maka dari itu saya mengajak kepada masyarakat Sragen untuk mencintai buku, memperbanyak membaca, dan mengunjungi perpustakaan. 
Terima Kasih.  
 
*RUDHY ISWANTO, Tinggal di  Jetis Mojosari, RT 03/01, SRAGEN
EMAIL                   : rudhyiswanto@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar