Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


13 September 2011

Mengenal 3 Tipe Membaca

Ada tiga tipikal membaca yang perlu Anda ketahui. Setidaknya, dengan mengetahui tiga tipe ini, Anda bisa memilih cara membaca mana yang sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai dari kegiatan membaca. Tiga tipe itu adalah membaca aktif, membaca secara kritis, dan membaca efektif dengan membuat cek list. Yuk, kita simak satu persatu!

1. Membaca aktif Teknik membaca aktif berhubungan dengan cara-cara bagaimana Anda dapat terlibat atau terhubung dengan apa yang Anda baca. Teknik ini sangat penting karena ini membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi Anda ketika membaca, dan membantu Anda untuk mengingat inti dari bacaan tersebut. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan proses pembelajaran Anda.


Apa saja contoh-contoh kebiasaan yang dilakukan agar kita bisa disebut membaca secara aktif? - Garis bawahi atau menandai kata-kata kunci dari paragraf yang sedang Anda baca dengan pensil atau highliter; - Variasikan kecepatan membaca Anda dan tentukan jangka waktu kapan Anda harus menyelesaikan bacaan Anda; - Membaca dengan suara keras (untuk menghafal bagian tertentu); - Merangkum bacaan Anda dengan kata-kata sendiri di notebook Anda; - Membuat pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat Anda temukan di buku tersebut; - Bubuhi bacaan Anda dengan keterangan-keterangan tambahan versi Anda; - Berhenti di poin-poin yang penting dan strategis untuk meninjau serta mengonsolidasikan kembali apa yang telah Anda baca, sebelum membaca lebih lanjut. Istilah singkatnya, review ulang apa yang Anda baca sebelum melanjutkan bacaan.

2. Membaca secara kritis Anda tentunya diharapkan untuk menjadi 'kritis' ketika membaca. Apalagi, membaca karya-karya ilmiah atau literatur-literatur. Artinya, Anda harus menilik maksud, bukti-bukti, serta ide-ide yang digunakan oleh si penulis untuk meyakinkan pembacanya. Sebelum Anda menelan 'mentah-mentah' semua yang Anda baca, ada baiknya Anda mengevaluasi apa yang Anda baca.

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda keluarkan sebelum membaca untuk meningkatkan analisa kritis Anda: - Kredibilitas apa yang dimiliki oleh sang penulis dalam lingkup tulisan ini? Misalnya, buku sejarah, apakah si penulis adalah orang yang ahli dalam bidang sejarah, atau buku ekonomi, apakah penulisnya kredibel dalam bidang ekonomi? - Hal apa yang penting dan signifikan dalam bacaan ini? - Klaim apa yang dibuat si penulis? Apa dasarnya? Apa bukti-bukti yang digunakan serta dipaparkan oleh si penulis? - Logiskah ide-ide si penulis? Apakah kesimpulan yang dibuatnya mengikuti bukti-bukti yang ia paparkan? -  Seberapa validkah kesimpulan dari bacaan tersebut? Apakah kesimpulan itu dapat diaplikasikan secara umum?

3. Effective Reading Checklist Sebelum Anda mulai membaca, ada baiknya Anda 'mengintip' checklist di bawah ini agar Anda dapat membaca secara efektif: - Apakah Anda sedang dalam suasana yang baik serta di dalam lingkungan yang baik dan mendukung ketika Anda membaca? - Apakah Anda sudah menentukan tujuan Anda membaca buku atau teks tersebut? - Apakah Anda menggunakan teknik membaca aktif? -Apakah Anda sudah persiapkan diri Anda untuk membaca secara kritis?

Selamat mencoba!

Sumber: www.ecu.edu.au

Sumber: Kompas, 12 September 2011

0 komentar:

Posting Komentar