Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


18 Agustus 2011

Anggaran Pendidikan Naik

  • Diprioritaskan untuk BOS
JAKARTA- Alokasi anggaran pendidikan direncanakan naik menjadi Rp 286,6 triliun atau 20,2%. Jumlah tersebut tetap diprioritaskan untuk bantuan operasional sekolah (BOS) bagi 31,3 juta siswa setingkat SD dan 13,4 juta siswa setingkat  SMP.

’’Alokasi juga disiapkan untuk menyediakan beasiswa bagi lebih dari delapan juta siswa miskin pada semua jenjang pendidikan. Di tingkat pendidikan tinggi, pemerintah memberikan beasiswa peningkatan prestasi akademik, bantuan belajar mahasiswa, dan beasiswa bidik misi,’’kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2012 beserta Nota Keuangannya di depan rapat paripurna DPR RI, Selasa (16/8).


Dalam RAPBN 2012 mendatang, dana penyesuaian yang direncanakan mencapai Rp 58,4 triliun atau mengalami peningkatan Rp 3,9 triliun dari pagu APBN-P 2011 Rp 54,5 triliun. Dari dana penyesuaian itu, alokasi dana BOS direncanakan Rp 23,6 triliun.

’’Jumlah tersebut berarti naik Rp 6,8 triliun atau 40,5% dari pagu APBN-P 2011. Dana BOS itu kita tujukan untuk stimulus bagi daerah dan bukan sebagai pengganti dari kewajiban daerah untuk menyediakan anggaran pendidikan BOS daerah,’’tandasnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengaku mendengar adanya permasalahan yang menyertai pengalihan pelaksanaan Dana BOS ke daerah pada 2011. Presiden tidak ingin perolehan atas dana BOS bagi anak-anak yang berhak mendapatkannya menjadi terlambat.’’Karena itu, saya berharap pada tahun mendatang, proses yang menghambat penyaluran BOS harus ditiadakan,’’ tukasnya.

Peningkatan Mutu

Di samping dana BOS, lanjutnya, pemerintah juga merencanakan alokasi dana tunjangan profesi guru PNS daerah Rp 30,6 triliun. Jumlah tersebut naik Rp 12,1 triliun atau lebih dari 65% dari pagu APBN-P Tahun 2011. Untuk memenuhi kebijakan perbaikan pendapatan guru PNS daerah menjadi minimal Rp 2 juta per bulan, pemerintah juga tetap menyediakan anggaran untuk tunjangan tambahan penghasilan guru PNS daerah yang belum memperoleh tunjangan profesi guru.

’’Keseluruhannya Rp 2,9 triliun. Dengan peningkatan kesejahteraan guru ini, diharapkan para guru dapat memberikan kontribusi peningkatan pendidikan yang lebih baik sesuai dengan tanggung jawabnya,’’imbuh Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyatakan akan meningkatkan mutu dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan madrasah melalui sertifikasi guru 90.000 orang. Dengan demikian, pada 2012 mendatang akan dapat diwujudkan pendidikan yang lebih merata dan berkualitas kepada warga di seluruh tanah air.

Alokasi anggaran pada Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama diprioritaskan untuk meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau. Pendidikan tersebut bisa melalui jalur formal atapun nonformal di semua jenjang.

’’Dalam RAPBN Tahun 2012 mendatang, kita tetap dapat memenuhi amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran  pendidikan 20% dari APBN. Kita juga bersyukur, dari tahun ke tahun, alokasi anggaran pendidikan dapat terus kita tingkatkan. Bahkan melampaui amanat konstitusi,’’tuturnya.

Tahun 2010 lalu, anggaran pendidikan mencapai Rp 225,2 triliun atau 20% dari APBN. Tahun ini, jumlah itu mencapai Rp 266,9 triliun atau 20,2% dari APBN dan tahun 2012 direncanakan Rp 286,6 triliun atau 20,2%.(H28,J22-75)

Sumber: Suara Merdeka, 18 Agustus

0 komentar:

Posting Komentar