Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


27 September 2010

Perpustakaan Gelar Bintek Otomasi Angkatan ke-2


Kantor Perpustakaan Daerah  Kabupaten Sragen kembali menggelar Bintek (Bimbingan Teknis) Otomasi Perpustakaan pada tanggal 25 September 2010. Bintek ini merupakan angkatan yang ke-2 dan diikuti oleh enam orang peserta.
Mereka adalah Purwadi (SD N Ngrombo 1, Tangen),  Yuni Astuti (SD N Jenar 1),  Taufik Andy Rusdianto (SD Ngarum 1), dan Sri Lestari (SD N Kedawung 1, Mondokan) yang masih berstatus Mahasiswa/Mahasiswi D-2 Perpustakaan UT. Selain itu  ada dua orang peserta dari MAN 1 Sragen  yaitu Tri Wijayanto, S.Pd dan Siti Masruroh, S.Pd.




Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Sumanto, SH. MM. Pada kesempatan ini, beliau berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan belajar ini dengan baik. Mengingat otomasi perpustakaan merupakan sebuah tuntutan zaman yang tidak mungkin lagi dielakkan. Selain itu, beliau juga menandaskan agar jika ada hal-hal yang belum dipahami untuk menanyakan langsung pada tutor. Sehingga ilmu yang didapat dapat diaplikasikan secara cepat dan tepat di perpustakaan sekolah masing-masing.
Program otomasi perpustakaan ini menggunakan SLIMS (Senayan Library Information System). Kasi Binalitbang (Pembinaan, Penelitian, dan Pengembangan ), Romi Febriyanto Saputro, S. IP menuturkan ada lima hal yang harus dikuasai oleh peserta. Yakni, instalasi program, entri data bibliografi, sirkulasi, keanggotaan, dan pelaporan.
Pelaksanaan bintek ini menekankan pada praktik langsung dengan dipandu oleh tiga orang tutor : Adi Santosa, SE, Dewi Nurlaila, A.Md, dan Pramono Saputro, A.Md. (Sfr)

0 komentar:

Posting Komentar