Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


11 Desember 2008

Teleskop Hubble Temukan Karbon Dioksida di Planet Luar Tata Surya


Teleskop Hubble Temukan Karbon Dioksida di Planet Luar Tata Surya


AFP PHOTO NASA/ESA/HO
WASHINGTON--MI: Teleskop Antariksa Hubble berhasil menemukan karbon dioksida di atmosfir satu planet di luar tata surya, demikian keterangan Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, Selasa (9/12).

Planet sebesar Jupiter, yang disebut HD 189733b tersebut berada sejauh 63 tahun cahaya. Terobosan itu adalah langkah penting ke arah ditemukannya jejak-biokimia mengenai kehidupan di luar bumi.

Itu terlalu panas untuk kehidupan, tapi pengamatan Hubble adalah petunjuk bukti konsep bahwa bahan kimia dasar bagi kehidupan dapat diukur di planet yang mengorbit bintang lain.

Susunan organik juga dapat menjadi produk tambahan proses kehidupan dan jejak mereka di planet Bumi pada suatu hari bisa menyediakan bukti pertama mengenai kehidupan di luat planet kita.

Pengamatan sebelumnya mengenai HD 189733b oleh Teleskop Antariksa Hubble dan Spitzer mendapat uap air. Awal tahun ini, Teleskop Hubble menemukan methane di atmosfir planet tersebut.

"Semua studi atmosfir ini akan mulai menetapkan susunan dan proses kimia yang beroperasi di dunia jauh yang mengorbit bintang lain."

"Masa depan perbatasan ilmu pengetahuan yang terkuak ini sangat menjanjikan karena kami berharap akan menemukan banyak lagi molekul di atmosfir planet di luar tatasurya," kata ilmuwan program Teleskop Hubble di NASA, Eric Smith.(Xinhua/Ant/OL-02)

0 komentar:

Posting Komentar