Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


19 Desember 2008

Presentasi Lomba Artikel Pelajar Tahun 2008









Para pelajar dari tingkat SD, SMP. dan SMA dari seluruh Kabupaten Sragen kemarin Kamis, 18 Desember 2008 berlaga untuk mempresentasikan artikel yang ditulisnya kepada Dewan Juri di Ruang Layanan Anak UPTD Perpustakaan Kabupaten Sragen. Presentasi ini diikuti oleh 10 besar peserta penulis artikel terbaik yang ditetapkan oleh Dewan Juri dari 108 naskah artikel dari SD, 34 naskah dari SMP, dan 31 naskah dari SMA.
Acara ini berlangsung cukup meriah. Anak-anak kita dari SD di daerah ternyata memiliki minat menulis dan membaca yang cukup besar. Bahkan untuk kategori SD dominasi daerah luar kota begitu terasa. Anak-anak desa ini ternyata cukup pintar dalam memaparkan artikelnya.
Desingan peluru kritikan yang dilontarkan oleh peserta lomba terhadap kondisi perpustakaan di sekolahnya membuat suasana lomba banyak diiringi oleh senyum dan tawa penonton. Bahkan mereka terkesan begitu berani dan kritis terhadap kekurangan yang ada di sekolahnya meskipun ditunggui ibu-bapak gurunya. Sebuah awal manis untuk membangun komunikasi dua arah di dunia pendidikan kita.
Perpustakaan Umum Kabupaten Sragen pun tak luput dari kritik para peserta. Kondisi gedung yang sempit, tidak ber-AC, dan minimnya koleksi multi media menjadi bahan kritik para peserta dari SMA. Mereka pun memberi masukan agar Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Sragen dibangun semegah Mall, “minimal lantai 3” kata salah seorang peserta.
Terima kasih anak-anakku atas segala kritik yang membangun untuk kemajuan perpustakaan di bumi Sukowati ini. Semoga kritik kecil dari kalian menjadi bola salju yang dapat membuat dunia perpustakaan di Sragen seribu langkah lebih maju dari sekarang. Jika, anak-anak saja begitu peduli dengan perpustakaan, mengapa kita tidak ? Cukup memalukan dan memilukan, bukan ?

0 komentar:

Posting Komentar