Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


25 April 2011

Peringatan Hari Buku Sedunia “World Book Day” 23 April 2011"

Add caption

Add caption

Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Sabtu, 23 April 2011 menggelar peringatan Hari Buku Sedunia “World Book Day” . Sejarah mencatat, pada 23 April Miguel de Cervantes, penulis kelahiran Spanyol yang masyhur dengan karyanya, Don Quixote, meninggal dunia. 
Untuk mengenangnya, pada 1923 sejumlah toko buku di Spanyol menyelenggarakan "readathon", pesta baca Don Quixote selama dua hari. Sekaligus penganugerahan Miguel de Cervantes Prize di Alcalá de Henares.


Pada 1925 pesta itu menjadi bagian dari perayaan Saint George's Day, juga pada 23 April, di mana para lelaki tidak lagi memberikan setangkai bunga mawar untuk sang kekasih. Tetapi menghadiahkan buku sebagai ungkapan kasih sayang, sepanjang festival Katalonia. Hingga pada 1995 UNESCO menetapkan 23 April sebagai World Book Day (WBD).

Peringatan Hari Buku Sedunia di gelar di Kantor Perpustakaan Daerah Unit II (Unit Layanan Khusus Anak) Jl. Raya Sukowati Barat No. 15 D Sragen. Acara ini dihadiri oleh para pelajar SMP/MTS yang akan berlaga dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris, guru pendamping, dan masyarakat luas.

 Peringatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Drs. Ruwiyatmo, MM. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa dengan peringatan Hari Buku Sedunia, kita semua diingatkan untuk peduli dengan buku karena buku adalah jendela dunia, cakrawala ilmu pengetahuan. Beliau mengajak para pelajar untuk gemar membaca tak hanya pada saat akan ujian belaka melainkan menjadikannya sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Buku Sedunia ini dimeriahkan dengan berbagai lomba, yakni Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMP (23 April 2011), Lomba Mewarnai TK (25 April 2011), Lomba Story Telling Tingkat SD/MI (26 April 2011), dan Lomba Menulis Bahasa Inggris Tingkat SMA (27 April 2011).

Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMP diikuti oleh 77 siswa-siswi dari seluruh Kabupaten Sragen. Pemenang Lomba Pidato  Bahasa Inggris adalah sebagai berikut :
1.      Juara 1       : Arum Trisnaningtyas SP (SMP N 1 Gemolong)
2.      Juara 2       : Diah Fajarwati (SMP N 1 Miri)
3.      Juara 3       : Debbi Ratri Nastiti (SMP N 5 Sragen)
4.      Harapan 1 : Shella Aviska Indriani (MTS Muhammadiyah 2 Kalijambe)
5.      Harapan 2 : Ilham Bintang Ramadhan (SMP N 1 Gemolong)
6.      Harapan 3 : Kinanthi Tiasadi (SMP N 2 Sragen)

Penghargaan bagi pemenang berupa trophy, piagam, dan uang pembinaan diserahkan secara langsung oleh Kasi Binalitbang Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Romi Febriyanto Saputro, S.IP.
(Rofesa)

0 komentar:

Posting Komentar