Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


14 Oktober 2010

Kantor Perpusda Gelar Lomba Perpustakaan Sekolah 2010



Dalam rangka meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah di Kabupaten Sragen, Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen menggelar Lomba Perpustakaan Sekolah Tahun 2010. Lomba ini diikuti oleh perwakilan perpustakaan sekolah dari dua puluh kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen.
Penilaian lomba dimulai pada tanggal 4 Oktober 2010 di Kecamatan Kalijambe. Pada kesempatan ini Tim Juri Lomba Penilaian Perpustakaan Sekolah yang diketuai oleh Kasi Binalitbang Kantor Perpusda, Romi Febriyanto Saputro, S.IP,  melakukan penilaian terhadap Perpustakaan Sekolah SD N  Jetiskarangpung 1, MIN 1 Kalijambe, dan SMP N 2 Kalijambe. Ketiga perpustakaan sekolah ini sudah memiliki gedung sendiri. Tim Juri berpesan agar penambahan buku baru dan anggaran untuk perpustakaan selalu ditingkatkan agar perpustakaan selalu tampil menyenangkan di hadapan “penggemarnya”.


Pada tanggal 5 Oktober 2010, Tim Juri Lomba Perpustakaan Sekolah yang terdiri dari Romi Febriyanto Saputro, S.IP, Ari Ginartanto, Gunawan, Adi Santosa, SE dan Harjanto, SE melakukan penilaian di Kecamatan Gemolong.
Perwakilan yang ditunjuk UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gemolong adalah Perpustakaan Sekolah SD N Tegaldowo 1, SD N Ngembatpadas 3, dan SMP N 2 Gemolong. Perpustakaan sekolah SD N Tegaldowo 1 dan SD N Ngembatpadas 3 sudah memiliki gedung sendiri, koleksi yang memadai, dan selalu dilayankan kepada peserta didiknya. Tim Juri menyarankan agar kondisi ini dipertahankan dan harus selalu ada pengembangan untuk menjaga agar kelangsungan hidup perpustakaan .
Tanggal 7 Oktober 2010, penilaian di lakukan di Kecamatan Plupuh. Perpustakaan Sekolah SD N Plupuh 2 ditunjuk UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Plupuh untuk mewakili. Gedung Perpustakaan Sekolah SD N Plupuh 2  berdiri tepat berdampingan dengan Kantor Guru.
Koleksi perpustakaan ini cukup memadai. Selain itu, perpustakaan sudah memiliki sebuah laptop untuk membantu administrasi perpustakaan. “Alangkah baiknya jika laptop ini dimanfaatkan untuk melakukan otomasi perpustakaan. Agar pengelolaan perpustakaan menjadi semakin mudah dan menyenangkan, “kata Romi pada saat penutupan acara penilaian.
Penilaian di Kecamatan Miri dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2010. Tim Juri melakukan penilaian di Perpustakaan Sekolah SD N Sunggingan 1 dan SD N Jeruk 1. Kedua perpustakaan ini sudah memiliki gedung sendiri. Perbandingan antara jumlah koleksi dan jumlah peserta didik sudah mencukupi.
Perjalanan Tim Juri terus berlanjut di Kecamatan Sumberlawang. Penilaian dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2010 di Perpustakaan Sekolah SD N Mojopuro 1 dan SMP N 1 Sumberlawang. Layanan dikedua perpustakaan ini sudah cukup lama berjalan karena sudah memiliki gedung sendiri. Sarana dan prasarana kedua perpustakaan ini cukup mendukung. Bahkan untuk perpustakaan SMP N 1 Sumberlawang  tercatat memiliki 5 unit komputer.
Dalam kesan dan pesannya, Tim Juri mengatakan agar perpustakaan segera melakukan otomasi. Mengingat perpustakaan sudah memiliki 5 unit komputer. “Eman-eman, jika tidak dimanfaatkan,” lanjut Ari.
Tanggal 13 Oktober 2010, Kecamatan Mondokan memperoleh giliran penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah. Perpustakaan Sekolah SD N Jambangan 1 ditunjuk UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Mondokan untuk mewakili. Meskipun terletak di daerah perbatasan, Perpustakaan ini sudah memiliki gedung sendiri, koleksi yang memadai, tenaga khusus, dan 1 unit komputer.

Penilaian lomba hari ketujuh dilakukan di Kecamatan Sukodono. Perpustakaan Sekolah SD N Baleharjo 2 dan Perpustakaan Sekolah SD N Bendo 2 ditunjuk mewakili Kecamatan Sukodono. Kedua perpustakaan ini sudah memiliki gedung sendiri. Perpustakaan  sekolah SD N Baleharjo 2 memiliki koleksi buku yang cukup memadai. Selain itu, juga memiliki 1 unit komputer PC dan 2 buah laptop.(Sfr)

0 komentar:

Posting Komentar