Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


03 Agustus 2010

PESTA BUKU SRAGEN 2010 DIMULAI !


Pesta Buku Sragen 2010 telah dibuka pada tanggal 31 Juli 2010. Pengguntingan pita tanda pameran dimulai dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, Drs. Gatot Supadi, MBA. MM, yang mewakili Bapak Bupati Sragen.

Pembukaan Pesta Buku Sragen 2010 ini di hadiri oleh Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan se-eks Karisidenan Surakarta, Kepala Badan, Dinas,  Kantor, Bagian, dan Camat serta Kepala Desa/Kelurahan  se-Kabupaten Sragen.

Menurut Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Sumanto, SH. MM, Pesta Buku Sragen 2010 ini digelar dalam rangka menyambut Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke - 65, sekaligus untuk memerdekakan bangsa ini dari belenggu kebodohan.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Jawa Tengah Dra Yuliati dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Dra. Titik Rahayu menyambut baik pameran buku ini. Karena buku merupakan salah satu jendela dunia, hal ini sesuai dengan slogan Baca Buku Dapat Ilmu.

 Gerakan yang terkait dengan buku, perpustakaan dan minat baca telah dilakukan oleh tiga presiden RI. Yang pertama adalah Presiden Soeharto yang pada tanggal 14 Sepetember 1996 mencanangkan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Pada 12 November 2003 Presiden Megawati mencanangkan Gerakan Membaca Nasional. Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memcanangkan Gerakan Pemberdayaan Perpustakaan di Masyarakat pada 17 Mei 2006 lalu.

Lebih lanjut Dra. Yuliati mengajak kepada seluruh hadirin untuk memberi contoh kepada anak – anak dan lingkungan untuk gemar membaca. Dan dengan memberi contoh diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada anak –anak dan masyarakat dilingkungan sekitar kita.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis  Bapak Bupati Sragen, yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan Pesta Buku Sragen 2010 yang digelar oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen bekerja sama dengan Epsilon Enterprise dan didukung oleh IKAPI Provinsi Jawa Tengah.. Beliau berharap dengan Pesta Buku ini, perkembangan budaya membaca dan dunia perpustakaan dapat terus meningkat.

Pesta Buku Sragen ini akan terus berlangsung sampai dengan tanggal 6 Agustus 2010. Ayo, kunjungi ! Biar tidak ada sesal diantara kita !
Salam membaca ! (RFS)

1 komentar:

  1. Blog yang menarik pak... Semoga makin rame pengunjungnya... Salam kenal.

    BalasHapus