Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


29 Juli 2009

BUPATI SRAGEN MEMBUKA PESTA BUKU SRAGEN 2009

Bupati Sragen Bapak H Untung Wiyono, Selasa, 28 Juli 2009 membuka Pesta Buku Sragen 2009 yang akan berlangsung mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 2 Agustus 2009. Pesta Buku yang dilaksanakan di Gedung KNPI Sragen, ini digelar oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen bekerjasama dengan Epsilon Enterprise dan IKAPI Daerah Jawa Tengah.

Pesta buku yang mengambil tema “Ceria Dengan Membaca” dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Proklamasi RI kd-64, tanggal 17 Agustus 2009. Pesta Buku yang mulai buka pukul 09.00 – 21.00 WIB ini diikuti oleh 25 penerbit nasional antara lain : Gramedia, Elexmedia Komputindo, Bhuana Ilmu Populer, Pustaka Zahra, Tiga Serangkai, dan Aneka Ilmu.

Pembukaan pesta buku ini dihadiri oleh Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kabid Hubungan Antar Lembaga Dra. Titi Rahayu, Msi, Kepala Dinas, Badan, Bagian, Camat, dan Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Sragen. Selain itu tidak ketinggalan para pelajar sudah tidak sabar menunggu untuk melihat pameran.

Dalam sambutannya Bupati Sragen mengatakan bahwa membaca merupakan kunci untuk meraih sukses. Beliau berharap masyarakat di Kabupaten Sragen dapat mewujudkan visi sebagai kabupaten cerdas dengan melakukan gerakan gemar membaca.

“Dari kebiasaan membaca akan didapat ilmu, kalau ingin membudidayakan harus ada paksaan untuk gemar membaca. Saya setiap hari selalu meluangkan waktu setengah jam sebelum tidur untuk membaca,” tutur Bupati

Menurut Bupati, dengan membaca seseorang akan mampu bangkit dari kebangkrutan yang pernah dialaminya. Satu lembar halaman buku akan mampu member inspirasi untuk bangkit dari kebangkrutan menuju kesuksesan.

Dalam sambutannya, Bupati juga menyindir kondisi gedung Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten yang ada di JL. Pemuda No. 1 Sragen . Menurut beliau, gedung itu terlalu kecil untuk sebuah perpustakaan kabupaten. Untuk itu beliau berjanji akan segera membangun Gedung Perpustakaan Daerah yang representative di kawasan Technopark yang baru saja diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu dalam sambutannya Kabid Hubungan Antar Lembaga Dra. Titi Rahayu, Msi mengatakan bahwa buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang sangat menentukan kesuksesan suatu peradaban. Tiada kesuksesan yang diraih tanpa membaca buku.
Selain itu, Ibu Titi Rahayu juga menyampaikan berita gembira bahwa dalam Tahun 2009 ini Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen yang saat ini dipimpin oleh Bapak Sumanto, SH. MM akan memperoleh Bantuan Dana Block Grant sebesar Rp 70 juta untuk pengadaan buku dan computer. Bantuan akan berlangsung secara kontinyu dalam kurun waktu 2009 sampai dengan 2011.

Pesta Buku Sragen 2009 ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. Seperti Lomb baca puisi, lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba fashiom swow, lomba karaoke dan lain-lain sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Sragen Bapak Sumanto, SH.MM dalam laporan penyelenggaraan.

Selanjutnya Bapak Sumanto menuturkan bahwa Tujuan diselenggarakan Pesta Buku ini adalah untuk : membuka cakrawala berpikir masyarakat Sragen agar menjadi masyarakat yang cinta dan peduli pada buku; melayani kebutuhan masyarakat Sragen terhadap ilmu pengetahuan dan informasi; menumbuhkan, merangsang, mengembangkan, dan memelihara minat baca masyarakat Sragen; menyediakan buku-buku bermutu untuk keperluan pengembangan seluruh perpustakaan dan Taman Bacaan yang ada di Kabupaten Sragen; melestarikan karya ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni masyarakat Indonesia serta mewujudkan Sragen sebagai Kabupaten Cerdas Dengan Membaca.

Selamat membaca ! Merdeka !
(rfs)

1 komentar:

  1. Salam,
    Salut untuk Perpustakaan Kab Sragen. Dari pantauan kami, kegiatan perpusta daerah sragen cukup aktif. Untuk memperkenalkan perpustakaan daerah (aktivitas dan kegiatannya), kamia pustakapedia.com memberi tempat (wadah) untuk memuatnya dalam website kami. Silakan kirimkan via email kami (info@pustakapedia.com), beserta fotonya. Mari kita tingkatkan kualitas perpustakaan daerah. Kunjungi: http://pustakapedia.com.

    BalasHapus