Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


02 Agustus 2012

Menyibak Tirai Tipis Dua Dunia

Judul: The Marked Son
Penulis: Shea Berkley
Penerjemah: Selviya Hana
ISBN:978-979-433-704-2
Terbit:Cetakan 1,Mei 2012
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 535 hlm
Peresensi: Zaitur Rahem


Seperti lokus  awal penciptaannya, dunia memang dipenuhi dengan sepak terjang manusia yang dimensial. Bahasa yang paling sederhana, di dalam kehidupan dunia ada dua sifat yang saling bersamaan. Bersanding saling melengkapi dan menyempurnakan. Semisal, ada sifat baik dan buruk, bagus dan jelek, laki-laki dan perempuan, siang  dan malam, dan sifat lain yang bersepadan.  Sifat-sifat dunia ini menjadi sangat absurd ketika terkontaminasi oleh sifat di luar kehidupan dunia lain tak terbatas. Yaitu, ketika dunia alam nyata berbaur dengan kehidupan gaib (tidak nyata).

Dalam perspektif rasional, sangat mustahil dunia nyata berpadu dengan dunia gaib. Sebab, dua dunia ini dipandang memilik garis pemisah meski sangat tipis. Dan kisah dua dunia itu ada dalam novel bergensi ini. Sebagai karya fiksi bergenre sastra modern, Shea Berkley (Penulis) menghadirkan dua dunia seperti tidak memiliki garis pemisah sama sekali dalam novel ini. Kehidupan dunia nyata dan gaib menjadi bagian satu dari kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Alam gaib-alam nyata seperti kehidupan tetangga sebelah yang saling mengisi. Sensasional dan luar biasa. Meski sedikit mengernyitkan kening, namun membaca novel setebal 535 halaman ini menyenangkan. Dalam novel ini pembaca akan diajak menjadi penghuni baru dalam kehidupan yang baru. Seperti yang dialami Dylan dan Kera dalam karya ini. Kedua orang tokoh ini menjadi pengantar dalam memasuki dunia lain setelah dunia nyata.

Dylan, dalam kisah ini menjadi tokoh baik yang menaklukkan tokoh jahat yang bernama Navar. Seperti hukum alam, dua sifat ini memang saling berseberangan. Saling berkehendak berdasar garisan yang diinginkan. Dylan menginginkan kejahatan musnah dari alam ini. Tetapi pemuja kejahtan tidak mau kalah, justru kebaikan harus kalah. Berangkat dari sebuah hutan yang menggiring langkah Dylan, tokoh dalam novel ini maka misteri dua dunia bisa diketahui.   Dylan yang dicitrakan sebagai tokoh baik harus jatuh bangun melindungi saudara yang lain, yaitu Kera. Kera adalah seorang gadis yang kemudian menjadi rebutan dua orang antara Dylan dan Navar. Navar mencoba menaklukkan Kera dengan macam cara, tetapi bisa dipatahkan oleh Dylan. (hlm 20-71)

Pertarungan dua tokoh jahat dan baik ini menjadi titik menarik dalam novel ini. Ada sejumlah ketegangan yang dimasukkan dalam karya ini. Meski pesan paling esensial adalah kehidupan nyata dan tidak nyata adalah kehidupan yang sarat dengan sepak terjang pernghuninya. Namun dalam perjalannya, yang baik akan mengalahkan yang jahat. Novel ini layak menjadi bacaan merenungi kehidupan dua dunia. Setidaknya menjadi tambahan pengetahuan akan kebesaran Tuhan. Selamat Membaca!
ZAITUR RAHEM, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan  Aktif menulis di sejumlah media: Radar Surabaya, Kendari Pos, Annida Online, Jawa Pos, Kompas, Majalah KUNTUM Jogjakarta, MPA, Nuonline, Memorandum, Tabloid Info dan majalah Parlemen.

Sumber: Kompas, 31 Juli 2012
 

0 komentar:

Posting Komentar