Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


30 Maret 2010

TK Aisyah III Kunjungi Layanan Khusus Anak






TK Aisyah III mengunjungi Layanan Khusus Anak Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen kemarin, Senin, 30 Maret 2010. Sebanyak 62 anak yang didampingi oleh guru dan orang tua wali murid hadir di ruang layanan khusus anak.



Kegiatan untuk anak usia dini ini diawali dengan menyanyi bersama yang diiringi orgen tunggal "Astagina. Lagu "Balonku Ada Lima", "Cublak-cublak Suweng", dan "Indahnya Alam".

Setelah itu baru anak-anak diajak untuk melihat film edukatif berjudul "Menangkap Pencuri" yang merupakan seri film budi pekerti untuk anak-anak. Dalam film ini, anak-anak diajak untuk memiliki sifat percaya diri, jujur, suka menolong, dan berani membela kebenaran.

Selain film edukatif, anak-anak juga disuguhi tayangan tentang obyek wisata yang ada di Kabupaten Sragen. Melalui tayangan ini, anak-anak menjadi tahu bahwa Sragen juga kaya dengan obyek wisata seperti nDayu Alam Asri, Museum Sangiran, Pemandian Air Hangat Bayanan, dan lain-lain.

Mengenalkan anak usia dini dengan perpustakaan sangat penting. Agar sejak kecil anak-anak memiliki minat baca yang tinggi. Bekal untuk meraih sukses di masa depan.

Layanan khusus anak oleh perpustakaan ini memiliki beberapa keunggulan, pertama, bersifat gratis.

Kedua, bersifat terbuka. Ruang layanan anak dapat diakses oleh siapapun tanpa membedakan status sosial, ekonomi, agama, suku, ras, dan golongan. Golongan menengah ke bawah yang selama ini terpinggirkan dapat memanfaatkan ruang layananan anak ini untuk memberi kesempatan kepada batita dan balitanya bermain sambil belajar. Berekreasi di perpustakaan.

Ketiga, menumbuhkan semangat membaca sejak dini. Dengan bermain di perpustakaan anak-anak sudah diperkenalkan sejak dini bahwa perpustakaan dengan segala aktivitas di dalamnya merupakan tempat yang menyenangkan. Dalam perkembangan selanjutnya diharapkan anak tidak menganggap membaca, menulis, dan berhitung sebagai pekerjaanyang membosankan melainkan menyenangkan. (Romi FS)

0 komentar:

Posting Komentar